Guyonan Otak

Saya lupa darimana asal cerita ini, akan tetapi karena saking “mengena” sindiran dalam cerita tersebut membuatnya sangat tercetak dalam ingatan saya.

Suatu ketika kepala agen rahasia negeri adikuasa menyuruh intelijennya untuk menyelidiki sebuah negeri kepulauan yang sangat kaya tetapi banyak sekali korupsi di situ.

Si intel melakukan perjalanan ke negeri tersebut, tugas pertamanya yaitu mengambil sebagian isi otak si presiden. Dilaksanakanlah misinya di rumah presiden suatu malam. Dia berhasil mengambil separuh isi otak si presiden.

Melaporlah dia kepada atasannya, lalu atasannya memerintahkan untuk menunggu hingga beberapa hari untuk melihat kekacauan yang mungkin terjadi akibat dari otak tinggal separo si presiden.

Dalam waktu seminggu tidak tampak perubahan, tidak ada kekacauan, bahkan pertumbuhan ekonomi negeri tersebut naik 6%. Sang kepala intelijen semakin penasaran kemudian memerintahkan anak buahnya untuk mengambil sisa otak si presiden.

Si intel kemudian melaksanakan perintah atasannya yang kedua. Dini hari dia telah berhasil menyusup ke rumah presiden dan berhasil mengambil sisa otak yang tinggal separuh.

Lagi-lagi sang atasan menyuruh untuk menunggu, kira-kira kekacauan apa yang akan diperbuat oleh presiden. Seminggu menunggu tak ada hal ganjil, sebulan, setahun, hingga lima tahun tak ada sama sekali keanehan yang dilakukan presiden meskipun otaknya telah dicuri.

Si kepala intelijen negeri adikuasa tersebut terheran-heran dengan fakta yang dilihatnya. Negeri tersebut tetap berjalan sebagaimana biasanya. Dia lalu berkesimpulan:

“Jadi selama ini si presiden memerintah ga pakai otak”

Si atasan masih penasaran, bagaimana jika hal yang sama dilakukan kepada anggota parlemen negeri tersebut. Lalu dilaksanakanlah misi pencurian otak anggota parlemen, dan dapat ditebak hasilnya; negeri tersebut tetap berjalan sebagaimana biasanya.

Advertisements

2 thoughts on “Guyonan Otak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s